Sebagai gantinya kegiatan MGMP diarahkan untuk melakukan analisis soal Ujian Nasional (UN) Geografi Tahun Pembelajaran 2010/2011. Seperti yang telah diketahui bersama, mulai tahun pembelajaran ini soal UN terdiri dari lima paket, yakni paket 12, paket 25, paket 39, paket 46, dan paket 54. Para anggota MGMP yang hadir ketika itu diminta untuk membentuk lima kelompok. Setiap kelompok diminta untuk menganalisis soal UN Geografi dengan paket soal yang ditentukan oleh ketua MGMP. Format yang dipakai dalam menganalisis tersebut adalah dalam bentuk tabel. Hal ini dipilih karena lebih praktis. Adapun hal-hal yang dianalisis dari soal UN Geografi tersebut meliputi: (1) Menetapkan materi soal berkaitan dengan kelas dan semester. (2) Menentukan kompetensi dasar. (3) Menentukan Nomor Standar Kompetensi Lulusan (SKL). (4) Menetapkan indikator SKL. (5) Butir soal yang tertera pada naskah soal UN Geografi. (6) Menentukan kunci jawaban. (7) Menentukan nomor soal pada naskah soal masing-masing paket. (8) Menetapkan ranah soal. (9) Menganalisis tingkat kesulitan soal. (10) Keterangan--yang menyangkut baik atau tidaknya kualitas soal UN tersebut.
MGMP GEOGRAFI SMA NEGERI KABUPATEN MALANG: Mencerahkan Bumi dengan Kedamaian, Kesinambungan dan Keseimbangan Menuju Tata Kehidupan Bermartabat.
Minggu, 03 Juli 2011
Menganalisis Soal UN Geografi 2010/2011
Sebagai gantinya kegiatan MGMP diarahkan untuk melakukan analisis soal Ujian Nasional (UN) Geografi Tahun Pembelajaran 2010/2011. Seperti yang telah diketahui bersama, mulai tahun pembelajaran ini soal UN terdiri dari lima paket, yakni paket 12, paket 25, paket 39, paket 46, dan paket 54. Para anggota MGMP yang hadir ketika itu diminta untuk membentuk lima kelompok. Setiap kelompok diminta untuk menganalisis soal UN Geografi dengan paket soal yang ditentukan oleh ketua MGMP. Format yang dipakai dalam menganalisis tersebut adalah dalam bentuk tabel. Hal ini dipilih karena lebih praktis. Adapun hal-hal yang dianalisis dari soal UN Geografi tersebut meliputi: (1) Menetapkan materi soal berkaitan dengan kelas dan semester. (2) Menentukan kompetensi dasar. (3) Menentukan Nomor Standar Kompetensi Lulusan (SKL). (4) Menetapkan indikator SKL. (5) Butir soal yang tertera pada naskah soal UN Geografi. (6) Menentukan kunci jawaban. (7) Menentukan nomor soal pada naskah soal masing-masing paket. (8) Menetapkan ranah soal. (9) Menganalisis tingkat kesulitan soal. (10) Keterangan--yang menyangkut baik atau tidaknya kualitas soal UN tersebut.
Sabtu, 02 Juli 2011
Menyongsong OSN Kebumian
Pemilihan materi ini cukup beralasan mengingat: 1) Tanggal 19 April 2011 dilaksanakan Seleksi OSN Tingkat Kabupaten/Kota 2011 yang salah satu bidang OSN-nya adalah Kebumian. 2) Hampir semua guru Geografi yang tergabung dalam MGMP Geografi SMA Kabupaten Malang adalah pembina bidang OSN tersebut. 3) Materi Mineralogi ini perlu diberikan mengingat banyaknya soal yang berkaitan dengan mineral keluar dalam OSN Kebumian. 4) Melengkapi pendalaman materi tentang Batuan dan Mineral yang pernah diberikan oleh Adi Susilo, Ph.D dari UB pada awal semester 2 (dua) lalu. 5) Materi Mineralogi juga berkaitan dengan Standar Kompetensi: 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer; Kompetensi Dasar: 3.1 Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi; dengan Materi Pembelajaran: Lithosfer yang diberikan di awal semester 2 (dua) pada kelas X (Sepuluh). 6) Di samping itu berkaitan erat pula dengan Standar Kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam; Kompetensi Dasar: 2.2 Mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam; dengan Submateri Pembelajaran: - sumberdaya alam mineral yang diberikan di semester 2 (dua) pada kelas XI (Sebelas) program IPS.