Sabtu, 03 April 2010

Proposal Block Grant MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, akhirnya pada tanggal 15 Maret 2010 kerja keras untuk mendapatkan Block Grant Musyawarah Guru Matapelajaran (MGMP) Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) di Surabaya disetujui oleh penguji proposal. Diperolehnya Block Grant MGMP itu merupakan buah kerja yang diawali dari informasi dari pembina MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang, bapak Drs. H. Pudianto, M.Si., M.Pd., untuk mengajukan dana Block Grant untuk MGMP Geografi. Informasi itu langsung kami tanggapi dengan berupaya mencari pinjaman contoh proposal Block Grant MGMP ke ketua MGMP Ekonomi SMA Kabupaten Malang, bapak Edy Parlindungan, S.Pd. (guru SMA Negeri 1 Gondanglegi) yang pernah memperoleh dana tersebut. Setelah memperolehnya, malam itu kerja menyusun proposal dimulai. Maklum tiga hari kemudian proposal itu harus diserahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Malang untuk memperoleh persetujuan dan selanjutnya dikirim ke LPMP di Surabaya. Ketika itu proposal diberi judul "Pengembangan Metode Pembelajaran Geografi sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar Siswa". Tepat tiga hari proposal itu selesai dan seketika itu proposal dikirim ke Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Sesampainya di instansi pendidikan tertinggi di Kabupaten Malang itu, petugas yang menangani proposal itu sedang pergi ke Surabaya. Yaaa, terpaksa proposal itu dititipkan ke petugas lain dengan harapan untuk memenuhi batas waktu yang telah diberikan. Esok harinya dapat khabar untuk menemui petugas yang menangani proposal tersebut. Ternyata lembar pengesahan tersebut harus diperbaiki karena yang harus menandatangani harus Kepala Dinas Pendidikan, bukan Kabid Seklamen. Di samping itu, harus disertakan pula solf copy proposal tersebut dalam keping CD dan proposal itu sendiri harus rangkap dua (dua eksemplar). Proposal itu kemudian diperbaiki dan dibuatkan solf copy-nya pada keping CD. Esok harinya perangkat-perangkat tersebut diserahkan ke petugas sesuai janji. Setelah urusan selesai saya ke sanggar MGMP Geografi di SMA Negeri 1 Kepanjen untuk melaksanakan MGMP sesuai jadwal.

Sebulan berikutnya, tepatnya 10 Maret 2010 kami diundang ke LPMP yang berkedudukan di Surabaya berkaitan dengan paparan hasil penilaian proposal yang telah diajukan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan MGMP untuk tingkat SMP, SMA, SMK, dan Pendidikan Luar Biasa (PLB) serta solusinya. Dari paparan itu diperoleh informasi bahwa untuk Kabupaten Malang yang dinilai berpotensi menerima dana Block Grant adalah KKG SD Kecamatan Pakisaji, MGMP Matematika dan IPS untuk tingkat SMP, MGMP Geografi dan Biologi untuktingkat SMA, MGMP Bahasa Indonesia untuk tingkat SMK, dan MGMP PLB dengan beberapa persyaratan. Persyaratan itu di antaranya: (1) merevisi proposal sesuai arahan LPMP dan harus diserahkan lima hari kemudian. (2) Mengisi beberapa daftar isian yang diajukan LPMP. (3) Membuka rekening di Bank Jatim atas nama KKG/MGMP yang dana itu bila keluar hanya bisa diambil oleh ketua dan/atau bendahara KKG/MGMP. (4) Membawa meterai Rp 6.000,- sebanyak tiga lembar. (5) Ketika hadir menyerahkan proposal yang sudah direvisi sudah harus disertakan tiga lembar photo copy buku tabungan Bank Jatim, tiga lembar meterai Rp 6.000,- dan yang hadir harus ketuanya. Berdasarkan hasil penilaian widyaiswara LPMP, proposal MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang diubah menjadi "Peningkatan Pembelajaran dan Penilaian di MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang".

Tanggal 15 Maret 2010 seluruh ketua KKG/MGMP se-Jawa Timur hadir di LPMP, di Jl. Ketintang Madya Surabaya. Setelah melakukan registrasi, para ketua KKG/MGMP diminta menuju ke ruang yang telah ditentukan untuk wawancara--mempertahankan proposalnya di hadapan petugas (widyaiswara) LPMP. KKG/MGMP dari Kabupaten Malang ditempatkan di ruang 4 bersama Kabupaten dan Kota mBlitar, serta Kabupaten Tuban. Alhamdulillah, proposal milik MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang tidak ada permasalahan apapun. Semuanya berlangsung mulus dan hanya berlangsung singkat. Padahal sebelumnya ketua MGMP PLB dihujani pertanyaan bertubi-tubi hingga sang ketuanya tolah-toleh tak berkutik. Sang penguji akhirnya memberi solusi agar proposal milik PLB direvisi dalam waktu maksimal empat hari, karena saking banyaknya yang harus direvisi. Demikian pula milik MGMP Biologi SMA Kabupaten Malang. Ada yang harus dilengkapi. Alhamdulillah, seketika itu bisa teratasi. Setelah disetujui, kami harus regristasi lanjutan pada petugas dengan komputerisasi. Baru setelah itu dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara ketua KKG/MGMP dengan Kepala PLPG. Isi nota kesepahaman itu di antaranya: (1) Memanfaatkan dana tersebut sebaik-baiknya sesuai proposal yang telah diajukan. (2) Seluruh anggota KKG/MGMP diharapkan berperan aktif. (3) Seluruh anggota KKG/MGPG membuat dan mengirimkan bukti fisik hasil kegiatan yang telah dilaksanakan. (4) Petugas LPMP akan melakukan monitoring ke sekolah-sekolah anggota KKG/MGMP sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan program Block Grant. (5) KKG/MGMP wajib mengirimkan laporan akhir sebagai pertanggunjawaban pelaksanaan program tersebut.

Seluruh pelaksanaan kegiatan tersebut di atas digambarkan sebagai berikut: (1) Kegiatan In-sevice I di LPMP Surabaya. Dalam kegiatan ini, untuk MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang, juga MGMP Biologi SMA Kabupaten Malang diminta mengirimkan satu orang perwakilan untuk kegiatan pembekalan. (2) Kegiatan On-sevice ( 3 x pertemuan) yang berisi pelaksanaan program di sanggar dan di sekolah. Untuk MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang menurut rencana akan dilaksanakan tanggal 28 April (pertemuan 1), 5 Mei (pertemuan 2), dan 19 Mei (pertemuan 3). (3) Kegiatan In-sevice II di LPMP.

Adapun struktur program kegiatan MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang ketika kegiatan On-service meliputi: (A) Program Umum, berisi tentang Kebijakan Diknas Kabupaten Malang. (B) Program Pokok, meliputi: materi Pakem/CTL, model-model pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. (C) Program Penunjang, berisi tentang kegiatan simulasi mengajar. Seluruh kegiatan On-sevice dilaksanakan di Sanggar MGMP SMA Negeri Kabupaten Malang, yakni di SMA Negeri 1 Kepanjen yang beralamat di Jl. Ahmad Yani no. 48 Kepanjen, Kabupaten Malang.

Sekedar diketahui, peserta MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang adalah:


No.

N A M A

UPTD

JABATAN dlm MGMP

1.

ISWAHYUDIHARTO

SMAN 1 Pagak

Ketua

2.

H. LUKMAN HURI, S.Pd.

SMAN 1 Kepanjen

Sekretaris

3.

Dra. YUNI NURHAYATI

SMAN 1 Lawang

Bendahara

4.

Drs. IBNU HARSOYO

SMAN 1 Pagak

Seksi Humas

5.

SUBANDI, S.Pd.

SMAN 1 Gondanglegi

Seksi Humas

6.

Drs. M. ASJANTONO, M.Pd.

SMAN 1 Sumberpucung

Seksi Litbang

7.

Drs. A.R. Moch. NURWACHID

SMAN 1 Tumpang

Seksi Litbang

8.

Drs. SUPRIYOTO

SMAN 1 Dampit

Anggota

9.

LILIK HARTATIK, S.Pd.

SMAN 1 Dampit

Anggota

10.

Dra. DWI WIJAYANTI

SMAN 1 Tumpang

Anggota

11.

ALIS MUNDIARTI, S.Pd.

SMAN 1 Ngantang

Anggota

12.

DHINI ENDAH A., S.Pd.

SMAN 1 Ngantang

Anggota

13.

M. ALI, S.Pd.

SMAN 1 Singosari

Anggota

14.

NUR SA’ADAH, S.Pd.

SMAN 1 Singosari

Anggota

15.

Drs. AHMAD MUDZAKIR

SMAN 1 Singosari

Anggota

16.

Drs. SURADI

SMAN 1 Turen

Anggota

17.

Dra. Hj. SRI MULYATI

SMAN 1 Turen

Anggota

18.

Dra. Hj. SRI UTAMI

SMAN 1 Turen

Anggota

19.

ENDANG TRIASMAWATI, S.Pd.

SMAN 1 Bantur

Anggota

20.

WIJIONO, S.Pd.

SMAN 1 Bantur

Anggota

21.

Drs. SUHANDOKO

SMAN 1 Sumberpucung

Anggota

22.

CHANIFAH, S.Pd.

SMAN 1 Bululawang

Anggota

23.

SHOLICHIN, S.Pd

SMAN 1 Bululawang

Anggota

24.

MULYONO, S.Pd.

SMAN 1 Sumbermanjing

Anggota





Untuk mengetahui isi selengkapnya dari proposal Block Grant MGMP Geografi SMA Negeri Kabupaten Malang, silahkan mengunduhnya dengan mengklik kata download di bawah ini:

Download

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar