Minggu, 03 Juli 2011

Menganalisis Soal UN Geografi 2010/2011

Kegiatan MGMP Geografi SMA Kabupaten Malang pada 4 Mei 2011 yang tertera pada program kegiatan MGMP semester 2 Tahun Pembelajaran 2010/2011 seharusnya adalah Workshop Pembelajaran Berbasis Keruangan yang narasumbernya adalah Drs. Budi Handoyo, M.Si. dari Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang (UM). Namun ternyata kegiatan itu batal terlaksana karena surat permohonan untuk kepastian kegiatan tersebut tidak dibuat. Sebenarnya ketua dan Humas MGMP Geografi SMA Kabupaten Malang telah menemui narasumber di kampus UM pada akhir semester 1 Tahun Pembelajaran 2010/2011. Pada pertemuan tersebut telah terjadi kesepakatan lisan untuk mewujudkan kegiatan tersebut. Pembelajaran berbasis keruangan tersebut merupakan hasil penelitian Drs. Budi Handoyo, M.Si. yang kemudian akan dikembangkan kepada para guru Geografi, khususnya yang tergabung dalam MGMP Geografi SMA Kabupaten Malang. Tujuannya untuk menggeografikan matapelajaran Geografi. Sebab menurut dosen yang smart ini, selama ini banyak guru Geografi yang lupa akan karakter Geografi, yakni bertalian dengan keruangan. Sayang kegiatan ini tidak jadi terlaksana sesuai jadwal. Mudah-mudahan program yang tertunda itu dapat terlaksana pada semester 1 Tahun Pembelajaran 2011/2012 mendatang.

Sebagai gantinya kegiatan MGMP diarahkan untuk melakukan analisis soal Ujian Nasional (UN) Geografi Tahun Pembelajaran 2010/2011. Seperti yang telah diketahui bersama, mulai tahun pembelajaran ini soal UN terdiri dari lima paket, yakni paket 12, paket 25, paket 39, paket 46, dan paket 54. Para anggota MGMP yang hadir ketika itu diminta untuk membentuk lima kelompok. Setiap kelompok diminta untuk menganalisis soal UN Geografi dengan paket soal yang ditentukan oleh ketua MGMP. Format yang dipakai dalam menganalisis tersebut adalah dalam bentuk tabel. Hal ini dipilih karena lebih praktis. Adapun hal-hal yang dianalisis dari soal UN Geografi tersebut meliputi: (1) Menetapkan materi soal berkaitan dengan kelas dan semester. (2) Menentukan kompetensi dasar. (3) Menentukan Nomor Standar Kompetensi Lulusan (SKL). (4) Menetapkan indikator SKL. (5) Butir soal yang tertera pada naskah soal UN Geografi. (6) Menentukan kunci jawaban. (7) Menentukan nomor soal pada naskah soal masing-masing paket. (8) Menetapkan ranah soal. (9) Menganalisis tingkat kesulitan soal. (10) Keterangan--yang menyangkut baik atau tidaknya kualitas soal UN tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar