Sabtu, 02 Juli 2011

Menyongsong OSN Kebumian

Jadwal Kegiatan MGMP Geografi SMA Kabupaten Malang bulan April 2011 lalu seharusnya adalah pendalaman materi Hidrosfer dengan narasumber Drs. Didik Taryana, M.Si dari Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang. Namun beliau tidak bisa hadir karena harus melakukan konsultasi dengan pembimbing disertasi beliau di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Kegiatan yang dijadwalkan hari Rabu, 6 April 2011 itu kemudia diisi presentasi tentang klasifikasi mineral menurut susunan kimianya untuk menyongsong Olimpiade Sains Nasional (OSN) Kebumian oleh Iswahyudiharto, Ketua MGMP Geografi SMA Kabupaten Malang.

Pemilihan materi ini cukup beralasan mengingat: 1) Tanggal 19 April 2011 dilaksanakan Seleksi OSN Tingkat Kabupaten/Kota 2011 yang salah satu bidang OSN-nya adalah Kebumian. 2) Hampir semua guru Geografi yang tergabung dalam MGMP Geografi SMA Kabupaten Malang adalah pembina bidang OSN tersebut. 3) Materi Mineralogi ini perlu diberikan mengingat banyaknya soal yang berkaitan dengan mineral keluar dalam OSN Kebumian. 4) Melengkapi pendalaman materi tentang Batuan dan Mineral yang pernah diberikan oleh Adi Susilo, Ph.D dari UB pada awal semester 2 (dua) lalu. 5) Materi Mineralogi juga berkaitan dengan Standar Kompetensi: 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer; Kompetensi Dasar: 3.1 Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi; dengan Materi Pembelajaran: Lithosfer yang diberikan di awal semester 2 (dua) pada kelas X (Sepuluh). 6) Di samping itu berkaitan erat pula dengan Standar Kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam; Kompetensi Dasar: 2.2 Mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam; dengan Submateri Pembelajaran: - sumberdaya alam mineral yang diberikan di semester 2 (dua) pada kelas XI (Sebelas) program IPS.

Presentasi klasifikasi mineral menurut susunan kimianya tersebut disajikan secara runtut sesuai golongannya yang berjumlah 11 golongan tersebut. Sebelas golongan mineral menurut susunan kimianya tersebut meliputi: 1) Elemen-elemen asli. 2) Grup mineral sulfida. 3) Grup mineral Halida. 4) Grup mineral oksida dan hidroksida. 5) Grup mineral karbonat. 6) Grup mineral nitrat. 7) Grup mineral tungstat dan molibdat. 8) Grup mineral fosfat, arsenat, dan vanadat. 9) Grup mineral sulfat. 10) Grup mineral borat. 11) Grup mineral silikat. Dalam presentasi tersebut dideskripsikan karakteristik masing-masing mineral mulai dari sistem kristal, belahan, kekerasan, berat jenis, kilap, warna, gores/cerat, optik, toksisitas, terdapatnya, daerah persebaran di muka Bumi, serta manfaatnya bagi manusia. Di samping itu tentu disertakan pula foto-foto dari masing-masing mineral. Untuk memperoleh dokumen materi ini, para peserta MGMP diberi solfcopy yang dimasukkan dalam CD. Apabila di antara pembaca ada yang berminat dengan CD tersebut dapat menghubungi kami, dengan menuliskan pemesanan pada ruang komentar di bagian bawah dari posting ini. Jangan lupa cantumkan nomor telepon atau e-mail yang dapat dihubungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar